BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Sekarang ini banyak
perusahaan saling berlomba untuk mendapatkan konsumen agar membeli produk yang
dihasilkan..Perusahaan yang tidak mencapai sasaranya banyak disebabkan oleh
kurang tepatnya strategi pemasaran yang digunakanya.
Berhasil atau tidaknya perusahaan
sangat ditentukan bagaimana cara yang dikembangkan oleh perusahaan untuk dapat
bersaing dalam merebut konsumen dalam penerapan strategi pemasaran yang
efektif. Apabila strategi yang tidak dapat dilaksanakan dengan baik maka
pelaksanaan yang baik pun tidak memberikan hasil yang memuaskan seperti yang
kita harapkan.
Penentuan strategi ini sangat erat
hubunganya dengan tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan serta sangat
menentukan dalam pemilihan taktik yang digunakan untuk melaksanakan strategi
pemasaran tersebut agar tujuan perusahaan tercapai.
Secara umum tujuan dari perusahaan
adalah untuk memperoleh laba yang maksimum sehingga perusahaan dapat terus
berkembang. Pernerapan strategi pemasaran dalam perusahaan sangat berpengaruh
dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan, sebab dalam penerapanya posisi
perusahaan dipasar potensial sangat dipengaruhi oleh berhasil atau tidaknya
strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini juga merupakan sumber dana bagi kelangsungan
hidup perusahaan untuk terus berkembang baik dalam jangka pendek maupun jangka
panjang.
Perusahaan yang bermutu tinggi
dengan harga yang sama dengan pesaingnya tidak diragukan lagi untuk mengalahkan
pesaingnya yang kurang berorientasi pada pelayanan. Bila perusahaan jasa
tersebut mengalami perubahaan di bidang harga maka secara langsung perusahaan
tersebut memberitahukan perubahaan itu kepada klien-klienya.
Berdasarkan
hal tersebut diatas maka penulis ingin mengetahui lebih lanjut sejauh mana strategi
pemasaran dalam meningkatkan dan memajukan usaha khusunya pada PT.COLUMBIA yang
kan dibahas
dalam bentuk penulisan ilmiah dengan judul :
“ STRATEGI PEMASARAN DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME
PENJUALAN PT.COLUMBIA”
1.2 Rumusan Masalah
Bahwa strategi pemasaran suatu perusahaan perlu dikaji mengingat masalah
perusahaan sangat menentukan kelangsungan perusahaan yaitu:
1.
Bagaimana strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT.COLUMBIA
2. Sejauh manakah peranan strategi pemasaran terhadap volume penjualan.
2. Sejauh manakah peranan strategi pemasaran terhadap volume penjualan.
Demikianlah
penulis menetapkan perumusan masalah dengan tujuan agar dalam usaha pemecahannya nanti dapat
lebih jelas dan singkat.
1.3 Batasan Masalah
Ruang
lingkup penelitian penulis lakukan terbatas dengan menggunakan data pada tahun 2000. dengan penyajian informasi
strategi pemasaran produk pada PT.COLUMBIA yang meliputi 4P,yaitu:
Produk,Harga,Saluran distribusi dan strategi promosi dalam meningkatkan
usahanya.
1.4 Tujuan Penulisan
Tujuan
dari penelitian karya ilmiah ini adalah
untuk mengumpulkan data-data sebagai bahan penulisan ilmiah, yaitu :
- Untuk mengetahui strategi pemesaran yang digunakan PT.COLUMBIA.
- Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan strategi pemasaran dalam usaha meningkatkan volume penjualan yang diterapkan oleh PT. COLUMBIA
- Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan
1.5 Metode Penulisan
Dalam
pengumpulan data untuk penyusunan penulisan ilmiah penulis menggunakan cara
sebagai berikut:
1.
Studi kepustakaan
Yang meliputi
daftar bacaan yang menjadi sumber inspirasi dalam melakukan penulisan ini. Cara
ini dilakukan dengan tujuan untuk memperdalam teori yang ada kaitanya dengan pokok-pokok pembahasan dan
permasalahan dalam penelitian ini yaitu dengan membaca buku,majalah, dan
sebagainya.
2.
Studi Lapangan
Dalam hal ini
penulis mengadakan penelitian langsung di PT.COLUMBIA adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan :
a.
Wawancara,ini
diperlukan dalam rangka melengkapi data dengan mengajukan pertanyaan kepada
Manajer Pemasaran dan Karyawan PT.COLUMBIA.
b.
Observasi,yaitu
pengamatan secara langsung untuk melengkapi data yang dibutuhkan terhadap objek
penelitian
1.6 Sistematika Penulisan
BAB 1. PENDAHULUAN
Bab ini merupakan
pendahuluan yang berisi antara lain latar belakang masalah, perumusan masalah, , batasan masalah, tujuan
penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan
BAB 2 LANDASAN TEORI
Mengemukakan
tentang strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT.COLUMBIA, sejauh mana
pengaruh strategi pemasaran terhadap volume penjualan, masalah atau hambatan
yang dihadapi oleh PT.COLUMBIA.
BAB 3 TINJAUAN UMUM
PERUSAHAAN
Bab ini membahas
tentang keadaan perusahaan PT.COLUMBIA yang berisi antara lain sejarah singkat
perusahaan,struktur organisasi perusahaan dan kegiatan perusahaan.
BAB 4 PEMBAHASAN
Dalam bab ini
penulis membahas mengenai strategi pemasaran dalam usaha meningkatkan usaha
penjualan..
BAB 5 PENUTUP
Bab ini
mengemukakan tentang kesimpulan hasil uraian-uraian atau pembahasan penulisan
ilmiah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar